Jumat, 25 September 2015

Keanekaragaman Hayati BAB 2 Kelas X



 Keanekaragaman Hayati adalah Variasi pada makhluk hidup yang disebabkan oleh perbedaan ciri.

3 Tingkat Keanekaragaman Hayati yang di Alam adalah
    1) Keanekaragaman Gen. yaitu, keanekaragaman individu dalam satu jenis mahkluk hidup.                     - Keanekaragaman Gen mengakibatkan variasi antarindividu sejenis. misal keanekaragamn gen            pada manusia.                                                                                                                                           - Kenakeragaman Gen pada manusia dapat terlihat pada perbedaan sifat antara lain warna mata,              warna kulit, Ukuran tubuh, dll. Keanekaragaman sifat tersebut diakibatkan oleh pengaruh                    perangkat pembawa sifat yang disebut gen.
       - Gen adalah substansi terkecil atau unit dasar yang membawa faktor keturunan.
       - Susunan atau komposisi gen (genotipe) akan mengeksplorasikan sifat individu (fenotipe).
       - Genotipe adalah sifat yang tidak tampak sedangkan fenotpe adalah sifat yang tampak.
       - Keankeragaman Gen dapat terjadi akibat perkawinan antarmakhluk hidup sejenis ( satu                        spasies).
   2) Keanekaragaman Jenis. menunjukkan seluruh variasi yang terdapat pada makhluk hidup antarjenis( interspesies) dalam satu marga. Keanekaragaman Jenis lebih mudah di amati daripada anekaragaman gen karena perbedaan antarspesies makhluk hidup dalam satu marga lebih mencolok daripada perbedaan antar individu dalam satu spesies.
   3) Keanekaragaman Ekosistem.

Keanekaragaman makhluk hidup dapat meningkatkan daya dukung lingkungan karena semakin banyak keanekaragaman hayati seperti tumbuh tumbuhan akan meningkatkan hasil oksigen dilingkungan yang ditumbuhi tumbuhan tersebut , sehingga aktivitas makhluk hidup lainnya seperti hewan dan manusia berjalan lancar.
contoh lain seperti keanekaragaman hayati hewan . karena hewan menghasilkan kotoran yang dapat dijadikan pupuk untuk tanaman seperti sayur , buah dan tanaman yang dapat menghasilkan oksigen yang banyak. sedangkan manusia juga dapat dikatakan turut ikut dalam daya dukung lingkungan karena manusia dapat menjaga dan melestarikan lingkungan dengan cara membuat peraturan perundang-undangan daerah misalnya seperti dilarangnya penebangan pohon di hutan pinus dan melarang manusia menghancur terumbu karang di pantai laut bali . dan manusia juga dapat menanam tanaman misalnya masyarakat mengadakan penanaman pohon mangrove di pesisir pantai Angsana.

Sumber Buku Biologi SMA Kelas X Kurikulum 2013 Intan Pariwara -> Cermati Kembali

Sekian . maaf jika ada kekurangan dan kesalahan dalam penyebutan kata atau materi.
manusia tak luput dari kesalahan dan hanya Allah lah yang maha sempurna.
Terima kasih telah mengunjungi blog saya^^

Nurul Fajriyah

0 komentar:

Posting Komentar